Rabu, 12 Februari 2014

Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Prajabatan CPNS BPN RI

Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Prajabatan CPNS BPN RI dilaksanakan di Kantor Pusat Pendidikan dan Pelatihan BPN RI di Jl. Ahmad Yani, Bogor, Jawa Barat. Diklat Prajabatan maksudnya untuk mendidik dan melatih agar memiliki jiwa yang nasionalis, agamis dan disiplin sebagai bekal para CPNS sebelum diangkat menjadi PNS.

Syarat mengikuti diklat prajab di Pusdiklat BPN RI menyiapkan :
  1. Pertama,  bagi cowok, potong rambut kalian sampe lebih pendek dari 1 cm, yang cewek, udah biasa aja, ga usah mengubah penampilan,
  2. Baju Putih Lengan Panjang, celana/rok hitam/gelap bukan jeans, sepatu hitam kulit, dasi hitam polos, dan lencana korpri.
  3. Pas foto pake baju yang disebutin di nomer 1 dan 2 dengan background merah ukuran 4x6 sebanyak 2 lembar..lebih juga ga apa-apa.
  4. Celana panjang olahraga, baju olahraga lengan panjang berkerah, sepatu olahraga.
  5. Bawa Surat sehat JASMANI dari dokter.
  6. Perlengkapan pribadi (pakaian, HP/BB + charger, perlengkapan mandi, parfum). Nanti bakal ada cek barang. Berikut barang yang bakal disita untuk dikoordinir oleh panitia diklat : obat, setrika, cukur rambut, makanan minuman, laptop. Itu sih maksudnya biar tidak ada penyalahgunaan obat-obatan ketika stres mengikuti diklat, penggunaan setrika tidak dilakukan oleh semua peserta dikhawatirkan listrik turun, cukur rambut? yaaa dikhawatirkan disalahgunakan juga, trus untuk makanan minuman agar melatih untuk berbagi kepada sesama. Gitu...
Untuk materi yang bakal diberikan macem-macem, tapi intinya meningkatkan disiplin,  kekompakan, jiwa nasionalis, dan agamis. Ga perlu saya jelaskan di sini..yang penting, mirip ospek, cuman dikasih asrama dan makan gratis.

Kegiatan nya meliputi kegiatan ibadah, senam, apel makan, pagi siang sore, apel upacara pagi malam, materi pelajaran di kelas dari pagi sampe malem, istirahat juga ada, materi baris berbaris, materi upacara untuk PNS dan tugas.

Ga ada saran, arahan bagaimana caranya mengikuti diklat ini biar ga stres dan ga ada hambatan, tinggal datang dan ikuti saja.

Hanya itu penggambaran diklat prajabatan yang saya jalani, intinya jika mengikuti semua kegiatan, Anda akan lulus, ga usah mikir predikat, asal jangan berbuat onar, mabok, masalah dengan panitia, yaaa normal normal aja lah, ga usah pinter ga apa-apa, cuman patuh pada aturan dan lakukan yang diperintahkan saja.

Semoga jadi bahan pertimbangan pembaca.


13 komentar:

  1. thanks infonya :)
    mau nanya, untuk tahun 2014, diklatnya dilaksanakannya kapan? menurut informasi dari teman saya, katanya bulan 4 ya??

    BalasHapus
  2. Kurang tau juga ya, iya kayaknya abis pemilu legislatif deh.
    Sabar aja ya.. :)

    BalasHapus
  3. bulan apa mas diklat prajabatan cpns 2014

    BalasHapus
  4. Mas firman, mas ridho, tunggu aja langsung dr web bpn ri, april mendatang

    BalasHapus
  5. Mas itu ambil sk dulu apa langsung ke diklatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum tau mas, tp kata tmn saya yg lulusan cpns 2012 kita ambil sknya di sana setelah diklat prajabatan

      Hapus
  6. Jika ada yang hamil diperbolehkan mengikuti diklat atau tidak? Karena istri saya sepertinya lagi hamil... kalau dokter memberi keterangan untuk memperbolehkan bisa kah tetap ikut prajab? Kalo tidak bisa apa bisa diikut sertakan di daerah kebetulan di daerah saya sedang ada pemanggilan peserta prajabatan dan biasanya ada beberapa peserta dari instansi vertikal...

    BalasHapus
    Balasan
    1. just_freza, kalo di bpn tidak diperbolehkan bang, ikut prajabnya tahun depannya, sudah dijelaskan di lampiran pengumuman resminya

      Hapus
  7. bang,, kmrin d pengumuman ada tulisan kalo satu hari sebelum diklat peserta harus lapor ke tempat diklat. setelah lapor itu kita langsung di tempat diklat atau keluar lagi buat nyari tempat nginep?

    BalasHapus
  8. bang, kalo cwe boleh pake celana panjang kan? gak harus pake rok?

    BalasHapus